26 October 2010

MERAPI MELETUS HUJAN KERIKIL KAGETKAN WARGA DUKUN

Parwito - detikNews

Magelang - Semburan awan panas atau 'wedhus gembel' tak hanya menyebabkan sejumlah desa di lereng Gunung Merapi hujan abu. Di tempat lainnya, seperti Desa Banyubiru, Kecamatan Dukung, Magelang, malah terjadi hujan kerikil. Kejadian ini membuat warga desa tersebut kaget.

"Beberapa saat setelah wedhus gembel keluar, tiba-tiba ada suara berisik di genteng. Saya keluar dan ternyata hujan kerikil," kata salah seorang warga Desa Banyubiru, Selasa (26/10/2010).

Pantauan detikcom, seluruh atap genting warga Desa Banyubiru diselimuti debu vulkanik Merapi. Hal ini menyebabkan seluruh rumah warga berubah putih.

Demikian pula dengan jalan Desa Banyubiru yang merupakan akses menuju Merapi. Jalan tersebut juga tampak memutih karena diselimuti debu.

Hujan debu juga membuat sejumlah pengendara kendaraan bermotor, khususnya roda dua, kaget. Mereka langsung menepikan kendaraannya karena jarak pandang terganggu.

Ribuan Warga Dievakuasi

Sementara itu setelah hujan debu mereda, ribuan warga di Kecamatan Dukun dievakuasi ke beberapa tempat pengungsian. Warga Desa Keningar misalnya, mereka dievakuasi ke tempat pengungsian akhir di Desa Tunjung, Kecamatan Muntilan.

Demikian pula dengan warga desa-desa lainnya seperti Desa Ngargomulyo, Desa Babadan. Warga kedua desa itu diungsikan ke Kecamatan Sawangan. Mereka diangkut dengan berbagai kendaraan, seperti bus dan truk.

Warga yang diungsikan sebagian besar manula, wanita dan anak-anak. Sementara kaum pria dewasa masih terlihat berjaga-jaga di desa mereka. (djo/djo)
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

No comments: