14 June 2010

Sejarah Maskot Piala Dunia



Kendati Piala Dunia pertama kali digelar pada tahun 1930, maskot Piala Dunia baru muncul pada 1966 saat dihelat di Inggris. Kala itu maskot dimunculkan sebagai bagian dari kampanye untuk menyukseskan ajang empat tahunan tersebut. Hingga saat ini, desain dari maskot menggambarkan beberapa ciri khas dari negara penyelenggara seperti kostum, flora, fauna, dan lain-lain.

PIALA DUNIA 1966


World Cup Willy
Negara penyelenggara : Inggris
Nama maskot : World Cup Willy
Keterangan : Berwujud singa yang merupakan simbol dari Kerajaan Inggris. Dia mengenakan kaos Union Jack dengan tulisan “World Cup”.

PIALA DUNIA 1970


Juanito
Negara penyelenggara : Meksiko
Nama maskot : Juanito
Keterangan : Digambarkan seorang anak laki-laki mengenakan kostum timnas Meksiko. Dia memakai topi khas Meksiko, Sombrero, yang bertuliskan “Meksiko 70″. Juan merupakan sebuah nama kecil yang umum dipakai dalam bahasa Spanyol.

PIALA DUNIA 1974


Tip and Tap
Negara penyelenggara : Jerman (Barat)
Nama maskot : Tip and Tap
Keterangan : Dua anak laki-laki yang tingginya berbeda mengenakan seragam timnas Jerman (Barat). Di kostum anak pertama bertuliskan WM (Weltmeisterschaft atau Piala Dunia), yang kedua tertera angka 74 merujuk pada tahun penyelenggaraan.

PIALA DUNIA 1978


Gauchito
Negara penyelenggara : Argentina
Nama maskot : Gauchito
Keterangan : Seorang anak laki-laki mengenakan pakaian timnas Argentina. Dia pun mengenakan topi bertuliskan “Argentina ’78″, memakai syal, dan membawa cambuk. Terkesan lebih garang. Ini adalah tipikal Gaucho, istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan penduduk di Pampas, Gran Chaco, dan Patagonia di Amerika Serikat yang juga dapat ditemui di Argentina. Gaucho berarti pejuang.

PIALA DUNIA 1982


Naranjito
Negara penyelenggara : Spanyol
Nama maskot : Naranjito
Keterangan : Berwujud buah jeruk yang memiliki kaki dan tangan yang memegang bola. Jeruk adalah buah yang menjadi ciri khas Spanyol (jika binatang adalah banteng). Mengenakan seragam timnas Spanyol. Namanya berasal dari kata “naranja”, yang berarti jeruk dalam bahasa Spanyol. Di belakangnya ditambahkan itountuk menunjukkan sebagai jeruk kecil.

PIALA DUNIA 1986


Pique
Negara penyelenggara : Meksiko
Nama maskot : Pique
Keterangan : Topi Sombrero tetap menjadi ciri khas merujuk penyelenggara adalah Meksiko. Bedanya, kali ini yang mengenakan Sombrero adalah cabai khas Meksiko, jalapeno. Maskot ini adalah karakteristik dari masakan Meksiko. Dengan kumis tebal, berkaus merah, dan bercelana putih, maskot yang diberi nama Pique ini sangat menarik. Pique berasal dari kata “picente” yang berarti cabai atau saus.

PIALA DUNIA 1990


Ciao
Negara penyelenggara : Italia
Nama maskot : Ciao
Keterangan : Agak abstar namun merepresentasikan sosok manusia dengan kepalanya sebagai bola. Sementara tubuh, tangan dan kakinya terdiri dari balok pembentuk tiang gawang dengan warna bendera Italia. Namanya merupakan sapaan di Italia yang berarti “Halo”.

PIALA DUNIA 1994


The World Cup Pup
Negara penyelenggara : Amerika Serikat
Nama maskot : Striker, The World Cup Pup
Keterangan : Berwujud anjing yang merupakan binatang kesayangan di Amerika Serikat. Mengenakan seragam AS dengan kata-kata “USA 94″. Mengensankan kelincahan.

PIALA DUNIA 1998


Footix
Negara penyelenggara : Prancis
Nama maskot : Footix
Keterangan : Ayam jago (jantan) merupakan simbol timnas Prancis. Berwarna biru yang merepresentasikan seragam kebesaran timnas Prancis. Di dadanya bertuliskan “France 98″. Footix merupakan Portmanteau (gabungan dua atau lebih menghasilkan satu arti) dari “Foot” dan akhiran “Ix”

PIALA DUNIA 2002


Kaz, Ato, Nik
Negara penyelenggara : Korea Selatan dan Jepang
Nama maskot : Spherix (Kaz, Ato, Nik)
Keterangan : Oranye, ungu, dan biru futuristik adalah warna ketiga makhluk ciptaan komputer. Mereka merupakan anggota sebuah tim “Atmoball” (permainan fiksi semacam sepak bola). Ato pelatih, sedangkan Kaz dan Nik adalah pemain.

PIALA DUNIA 2006


Goleo VI and Pille
Negara penyelenggara : Jerman
Nama maskot : Goleo VI and Pille
Keterangan : Berwujud singa yang mengenakan kaus timnas Jerman dengan angka 06. Dia memegang bola yang bisa berbicara. Goleo gabungan dari kata “Goal” dan “Leo” (Singa). Sedangkan Pille adalah kata sehari-hari untuk menyebut sepak bola di Jerman.

PIALA DUNIA 2010


Zakumi
Negara penyelenggara : Afrika Selatan
Nama maskot : Zakumi
Keterangan : Zakumi berasal dari dua kata, “ZA” dan “KUMI”. ZA adalah inisial Afrika Selatan dalam bahasa Afrikaans, salah satu dari 11 bahasa resmi Afrika Selatan. Sedangkan KUMI berarti 10 – tahun penyelenggaraan turnamen – yang diambil dari bahasa ki-Swahili. Sementara itu, Zakumi juga bisa diartikan “datanglah kemari” dalam beberapa bahasa di di belahan selatan Afrika.
Kostum Zakumi digambarkan mengenakan kaus putih dan celana pendek hijau. Itu merupakan representasi dari timnas Afsel. Warna putih dan hijau juga terdapat di bendera nasional Afsel. Hijau adalah warna utama seragam Tim Bafana-Bafana, sedangkan putih adalah warna sekunder. Tulisan “South Afrika 2010″ adalah event yang diwakilinya.
Seragam timnas hampir seluruh cabang olahraga di Afsel memang menggunakan warna utama kuning dan dipadu hijau dan putih. Wajar jika Zakumi kemudian memiliki warna dominan kuning (emas). Bersama warna putih dan hijau, kuning adalah warna kebesaran Afsel yang melambangkan semangat persatuan. Tutul-tutul yang ada ditubuh Zakumi jelas menjadi ciri umum seekor leopard.
Rambut Zakumi bergaya afro dan berwarna hijau. Afro merupakan gaya rambut khas Afrika. Sedangkan warna hijau merepresentasikan warna rumput lapangan sepak bola. Bisa dikatakan Zakumi sangat menggilai sepak bola.
Leopard merupakan salah satu binatang khas yang hidup di Afsel. Dia termasuk lima besar binatang khas yang hidup di sana dan dilindungi. Binatang ini merepresentasikan kecepatan, kekuatan, energik, pintar, dan ambisius.

No comments: